A. PENDAHULUAN
Keperawatan kesehatan mental dan
psikiatrik adalah suatu bidang spesialisasi praktek keperawatan yang
menerapkan teori perilaku manusia sebagai ilmunya dan penggunaan diri
sendiri secara terapeutik sebagai kiatnya ( ANA ). Semuanya
didasarkan pada diagnosis dan intervensi dari adanya respons individu
akan masalah kesehatan mental yang actual maupun potensial. Ada empat karakteristik keperawatan :
1. Fenomena
yaitu rentang respons-respons yang berkaitan dengan kesehatan yang
teramati pada orang sakit dan sehat yang menjadi focus diagnosa dan
penanganan keperawatan
2. Teori
yaitu konsep-konsep, prinsip-prinsip dan proses yang memandu intervensi
keperawatan dan pemahaman tentang respons yang berhubungan dengan
kesehatan.
3. Tindakan-tindakan yaitu intervensi untuk mencegah kesehatan.
4. Pengaruh
yaitu evaluasi tindakan keperawatan yang berhubungan dengan respon
kesehatan yang teridentifikasi dan hasil asuhan keperawatan yang
diantisipasi.
Pelayanan
yang menyeluruh difokuskan pada pencegahan penyakit mental, menjaga
kesehatan, pengelolaan atau merujuk dari masalah kesehatan phisik dan
mental, diagnosis dan intervensi dari gangguan mental dan akibatnya, dan
rehabilitasi ( Haber & Billing, 1993 ).
Keperawatan
jiwa / mental diharapkan mampu mengkaji secara komprehensif,
menggunakan ketrampilan memecahkan masalah secara efektif dengan
pengambilan keputusan klinik yang komplek (advokasi), melakukan
kolaborasi dengan profesi lain, peka terhadap issue yang mencakup dilema
etik, pekerjaan yang menyenangkan, tanggung jawab fiskal. Jadi peran keperawatan jiwa profesional telah berkembang secara komplek dari elemen-elemen sejarah aslinya.
Keperawatan
jiwa dimulai antara tahun1770 dan 1880 seiring dengan kejadian
penanganan pada seorang penyakit mental. Sebelumnya, pada masa peradaban
dimana roh-roh dipercaya sebagai penyebab gangguan dan mengusirnya agar
sembuh. Para leluhur Yunani, Romawi
dan Arab percaya bahwa gangguan emosional diakibatkan tidak berfungsinya
organ pada otak. Mereka menggunakan berbagai pendekatan tindakan
seperti : ketenangan, gizi yang baik, kebersihan badan yang baik, musik
dan aktivitas rekreasi.
Selama
abad 7 sebelum masehi, Hippocrates menjelaskan perubahan perilaku atau
watak dan gangguan mental disebabkan oleh perubahan 4 cairan tubuh atau
hormon, yang dapat menghasilkan panas, dingin, kering dan kelembaban.
Aristotle melengkapi dengan hati, dan Seorang Dokter Yunani, Galen :
menyatakan emosi atau kerusakan mental dihubungkan dengan otak. Orang
Yunani menggunakan kuil sebagai rumah sakit dan memberikan lingkungan
udara bersih, sinar matahari dan air bersih untuk menyembuhkan penyakit
jiwa/mental. Bersepeda, Jalan-jalan, dan mendengarkan suara air terjun
ini sebagai contoh penyembuhan.
C. MASA PERTENGAHAN
Era dari Alienation, social exclusion dan confinement.
Dokter menjelaskan gejala :
1. Depression
2. Paranoia
3. Delusions
4. Hysteria
5. Nighmares
Rumah Sakit Jiwa pertama, Bethlehem Royal Hospital, telah dibuka di England.
Selama 18 abad, era dari reason dan observation :
1. Pinel, seorang dokter Perancis membuka sebuah rumah sakit untuk seorang penderita jiwa / mental di pilih kota
La Bicetre, Paris. Dia memulai dengan tindakan kemanusiaan dan
advokasi, melalui observasi perilaku, riwayat perkembangan dan
menggunakan komunikasi dengan penderaita.
2. Weyer, seorang dokter Jerman psikiatrik pertama yang dapat menjelaskannya melalui kategori diagnostik.
D. ABAD 18 DAN 19
Bejamin
Rush, sering disebut Bapak Psikiatric Amerika. Pertama menulis buku
tentang Pskiatric Amerika dan banyak tindakan kemanusian untuk penderita
penyakit mental/jiwa. Tahun 1783, masa tindakan moral dan bekerjasama
dengan rumah sakit Pennsylvania. Tahun 1843, Thomas kirkbridge memberikan pelatihan di rumah sakit Pennsylvania untuk membantu dokter merawat pasien penyakit jiwa.
Tahun
1872, New England Hospital untuk perempuan & anak, dan Women’s
Hospital di Philadelphia mendirikan sekolah perawat, tetapi tidak untuk
pelayan pskiatrik. Setelah itu Dorothea Lynde Dix, seorang pengajar yang
memberikan contoh penderita penyakit jiwa.
Tahun 1882 Pendidikan keperawatan jiwa pertama di McLean Hospital di Belmont, Massachusetts.
Dan Tahun 1890 siswa perawat menjadi staff keperawatan di rumah sakit
jiwa. Perawat mendapat tugas dan diharapkan mengembangkan ketrampilan
dalam memberikan pengobatan melalui asuhan keperawatan. Diakhir abad 19
mengalami perubahan atau perkembangan menjadi cohtoh pengobatan dari
perawat pskiatrik.
Seperti :
1. Membantu dokter
2. Mengelola obat penenang
3. Memberikan hidroterapi
E. ABAD 20
Pada
masa abad 20, perubahan mengenai kesehatan mental sangat besar
dipengaruhi oleh Clifford Beers dengan diterbitkannya buku yang berjudul
A Mind That Found Itself (1908). Dia menulis bukunya berdasarkan pengalaman dan observasi selama 3 tahun sebagai pasien di rumah sakit jiwa. Beers
menggunakan pengaruhnya untuk membentuk National Society for Mental
Hygiene tahun 1909, sekarang dikenal dengan National Association for
Mental Health. Sebagai hasilnya, banyak dibangun rumah sakit jiwa di
daerah pedesaan, dimana pasien akan mendapatkan udara segar, sinar
matahari dan lingkungan alami.
Pada
tahun 1915, Linda Richards, lulusan Perawat pertama di AS dan sering
disebut sebagai perawat psikiatrik pertama di AS, menganjurkan pelayanan
yang sama terhadap pasien penyakit jiwa dengan pasien penyakit fisik.
Dia menempatkan asuhan pada pasien penyakit jiwa memerlukan tingkat
kesabaran yang tinggi dan siswa tidak terpengaruh. Pengalaman klinik di
rumah sakit jiwa memberikan kesempatan kepada siswa perawat untuk
mempunyai kemampuan tersebut. Banyak kemajuan terlihat di National
Commettee on Mental Hygiene and the American Nurses Association yang
mempromosikan pendidikan kepada pasien penyakit jiwa dengan menerbitkan
journal. Buku – buku tentang keperawatan jiwa ditulis dan dewan
National League for Nursing mendiskusikan pendidikan Diploma keperawatan
psikiatrik (1915-1935). Adapun
Tujuan pendidikan adalah :
1. Mengajarkan
kepada siswa tentang hubungan antara penyakit jiwa dan penyakit mental
serta penerapannya dalam keperawatan kesehatan jiwa.
2. mengajarkan kepada siswa perawat tentang penyebab gangguan atau penyakit jiwa dan metode perawatan modern nya.
3. mengajarkan kepada siswa perawat bagaimana mengkaji perilaku pasien sakit jiwa, sehingga dapat mengetahui gejala – gejala awal.
4. mengajarkan siswa perawat tentang pengaruh lingkungan dan gangguan mental.
5. mengajarkan siswa perawat agar dapat diandalkan dan mudah beradaptasi pada saat memberikan perawatan.
Pengalaman
klinik di Rumah Sakit Jiwa merupakan bagian terpenting dari dasar
pengalaman siswa perawat dan sudah distandarisasikan pada tahun 1937.
siswa diberikan kesempatan untuk merawat pasien dengan berbagai macam
tingkat gangguan mental termasuk penyakit organic. Pengalaman –
pengalaman berdasarkan pada : Hidoterapi, Okupasi, rekreasi dan terapi
lainnya, dan pendidikan pasien. Tindakan perawatan termasuk kebersihan
diri, eliminasi yang sesuai, dan nutrisi yang adekuat seperti pemberian
relaksasi setelah mandi.
Pada tahun 1939 hampir semua sekolah perawatan memberikan pembelajaran
keperawatan psikiatri untuk siswa, tetapi belum dapat diakui sampai
dengan tahun 1955.
Phenothiazines dan tranquilizer lainnya dikembangkan untuk tindakan
perawatan pada gejala umum psikosis, sehingga membuat pasien tenang.
Kebijakan terbuka telah diterapkan di banyak Institusi mental dengan
mengijinkan pasien pulang tetapi masih dalam pengawasan.
Pada tahun 1963, Gerakan Kesehatan Mental Masyarakat mendirikan pusat
kesehatan masyarakat yang melayani : (1). Perawatan gawat darurat
psikiatrik, seperti pusat masalah dan layanan lewat telepon; (2)
Hospitalisasi; (3) Bagian hospitalisasi seperti pusat perawatan sehari –
hari dan kelompok terapeutik; (4) Post perawatan, termasuk pusat
konseling. Diijinkannya pasien untuk hidup di masyarakat dianggap
sebagai tindakan yang positif; namun begitu banyak juga ditemukan pasien
yang tidak mempunyai tempat tinggal. Gerakan Kesehatan Mental
Masyarakat mempunyai peran penting dalam pelayanan kesehatan mental.
Pada saat ini, keperawatan jiwa mulai menjadi bagian klinik khusus.
Sebelumnya para perawat berperan sebagai manajer dan koordinator
kegiatan dengan melaksanakan perawatan terapeutik sesuai dengan model
dasar medis. Dengan studi lanjutan dan pengalaman praktek klinik di
bidang perawatan psikiatrik, para ahli spesialis dan praktisi perawat
mendapat pengetahuan yang banyak dalam perawatan dan pencegahan gangguan
psikiatrik.
Berikut ringkasan kejadian – kejadian penting yang mempengaruhi perkembangan Keperawatan Psikiatri :
1. Tahun
1856 – 1929 : Emil Kreepelin mebedakan antara depresi psikosis manic
dan schizoprenia dan menyatakan bahwa schizoprenia tidak dapat
disembuhkan.
2. Tahun
1856 – 1939 : Sigmund Freud memperkenalkan teori psikoanalisis dan
terapinya. Dia menjelaskan perilaku manusia dalam tahapan psikologi dan
membuktikan bahwa perilaku dapat berubah dalam situasi tertentu.
3. Tahun 1857 – 1939 : Eugene Bleur menjelaskan gangguan psikotik pada schizophrenia (sebelumnya disebut dementia praecox)
4. Tahun
1870 – 1937 : Alfred Adler mempelajari tentang obat – obatan
psikosomatik yang mengarah pada organ luar sebagai penyebab kausatif.
5. Tahun 1875 – 1961 : Carl Jung menjelaskan jiwa manusia .
6. Tahun 1920 : Harriet Bailey menulis buku keperawatan Psikiatrik yang pertama (Nursing Medical Disease)
7. Tahun
1930 an : Terapi shock insulin, Obat Pentylnetetrazol (Metrazol), ECT
dan Prefrontal lobotomy untuk tindakan pasien penyakit mental dengan
gangguan psikotik. Munculnya International Committee for Mental Hygiene.
Gerakan Hill-Burton mendirikan unit psikiatri.
8. Tahun 1940 : Gerakan kesehatan mental menyusun kurikulum pendidikan keperawatan untuk spesialis klinik pada tahun 1946.
9. Tahun
1946 s/d 1971 : Gerakan kesehatan mental nasional membuka program
pelatihan profesi, Organisasi dunia untuk kesehatan mental mengadakan
reset dan pendidikan.
10. Tahun 1947 : Helen Render menulis buku “ Hubungan Perawat–Pasien di Psikiatri”
11. Tahun 1952 : Hildegard E. Peplau menulis buku “ Hubungan personal di keperawatan “ sebagai dasar untuk hubungan perawat-pasien.
12. Tahun
1963-1979 : Perbaikan tingkat ekonomi menekan bertambahnya gangguan
jiwa. Amerika meluluskan 50 lulusan perawat psikiatrik. Adanya RSJ
swasta dan unit Psikiatrik. Perusahaan asuransi memberikan jaminan
asuransi pada perawatan psikiatrik. Diijinkannya pasien untuk hidup di
masyarakat dengan menitikberatkan pada pemberian pendidikan kepada
pasien mengenai kegiatan sehari – hari dan perawatan diri. Perawat –
perawat Amerika dan Kanada membentuk North American Nursing Diagnosis
Association (Asosiasi Diagnosa Keperawatan Amerika Utara).
13. Tahun
1980 an : Gerakan Sistem Kesehatan Mental (1980), yang disusun untuk
memperkuat kemampuan masyarakat dan mengembangkan inisiatif – inisiatif
baru, belum pernah diimplementasikan sampai dengan tahun 1981. Gerakan
rekonsiliasi
14. Tahun 1990 an : Munculnya jaminan asuransi
.F. KEPERAWATAN JIWA DI ABAD 20
Sekolah
perawatan menawarkan bermacam-macam program dalam keperawatan
psikiatrik. Pada prakteknya sekolah keperawatan biasanya mengarahkan
topik-topik mengenai perilaku manusia atau kesehatan mental atau
gangguan mental, dan dapat diintegrasikan kedalam beberapa mata kuliah
seperti pediatric, obstretri dan gerontology. Pengalaman klinik
Keperawatan psikiatrik didapat dalam jangka lebih dari satu tahun,
meskipun evaluasi dilakukan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang
mencakup konsep dasar kesehatan mental. Jika seorang perawat ingin
mendapatkan Register Nurse (perawat terakreditasi) harus melalui suatu
latihan, dimana pengalaman klinik keperawatan psikiatrik dapat digunakan
untuk mencapai Register Nurse.
Mata
kuliah keperawatan psikiatrik dilaksanakan selama 5-10 minggu dengan
atau tanpa rotasi klinik dan dalam kerangka kesehatan mental atau
psikiatrik. Dibeberapa institusi konsep keperawatan psikiatrik
diintegrasikan dalam 2 semester, setelah pokok bahasan perkembangan
psikologi dan penyimpangan psikologi. Pengalaman keperawatan psikiatrik
diterapkan di unit kedokteran psikiatrik, rumah sakit jiwa swasta,
pelayanan psikiatrik, atau pelayanan kesehatan mental masyarakat.
Tindakan keperawatan yang dilakukan dibawah pengawasan perawat
teregistrasi (RN)
Program
diploma biasanya memberikan waktu lebih untuk keperawatan psikiatrik
dan pengalaman klinik, dan menekankan pada konsep dasar, proses
pengkajian, statistik, dinamika kelompok, pendidikan keluarga dan
pasien, tentang peran perawat dalam pencegahan
Sekolah
tinggi/universitas menawarkan program pasca sarjana jurusan psikiatrik
atau keperawatan kesehatan mental selama 48 –50 jam kuliah, pengalaman
klinik, penelitian, tugas mandiri dan praktikum. Mata kuliah difokuskan
pada kepemimpinan, kehidupan sehari-hari, dasar-dasar konsep, dasar
phisiologi, pengkajian klien. Lulusan dapat menjadi perawat spesialis
atau perawat klinik, tergantung kepada mata kuliah yang tersedia.
Akhir-akhir
ini, lahan keperawatan psikiatrik memberikan bermacam-macam kesempatan
untuk penjurusan (spesialisasi). Seperti dapat bekerja sebagai perawat
di rumah sakit umum, praktek swasta, konsultan, pengajar dan sebagainya.
Pengalaman
keperawatan jiwa siswa menjadi dasar yang kuat untuk mendapatkan
kesempatan berkarier setalah lulus. Beberap contoh tempat melakukan
pelayanan keperawatan jiwa seperti di : keperawatan maternitas,
keperawatan onkologi, keperawatan okupasi/industri, keperawatan
kesehatan masyarakat, kantor keperawatan dan ruang keperawatan gawat
darurat.
G. STANDART PRAKTEK PELAYANAN KEPERAWATAN KESEHATAN MENTAL DAN GANGGUAN JIWA
Pada
tahun 1967, pengakuan akan praktek keperawatan psikiatrik dikeluarkan
oleh American Nurse’s Association ( ANA ), yang kemudian direvisi pada
tahun 1976. Bahwa ruang lingkup praktek berhubungan dengan standar
praktek keperawatan kesehatan jiwa dan psikiatrik. Standar umum praktek
keperawatan tercantum dalam standar praktik klinik keperawatan (ANA,
1991)
Standar
yang dipakai dalam profesi keperawatan menunjukkan tanggung jawab –
tanggung jawab perawat yang sangat dibutuhkan perawat. Disini dijelaskan
mengenai aturan – aturan praktek keperawatan professional dan kerangka
kerja untuk mengevaluasi praktek. Juga mendefinisikan kemampuan profesi
keperawatan kepada masyarakat dan kepada klien yang menjadi tanggung
jawab perawat.
Standard
praktek klinik keperawatan Psikiatri – kesehatan mental (ANA, 1994)
dibagi dalam dua bagian, Standar Asuhan Keperawatan dan Standar Kinerja
Profesional.
1. Standar Asuhan Keperawatan
Standar
asuhan keperawatan berhubungan dengan aktivitas keperawatan
professional yang dilakukan oleh perawat, dengan melalui proses
keperawatan. Proses keperawatan merupakan landasan pengambilan keputusan
klinis dan mencakup semua tindakan yang penting dilakukan oleh perawat
dalam memberikan asuhan kesehatan jiwa – psikiatri kepada semua klien.
· Standar I. Pengkajian
Perawat kesehatan jiwa – psikatri mengumpulkan data kesehatan klien.
- Rasional
Wawancara
pengkajian yang memerlukan ketrampilan komunikasi efektif secara
linguistik dan cultural, wawancara, observasi perilaku, tinjauan catatan
data dasar, dan pengkajian komprehensif terhadap klien dan system yang
relevan memungkinkan perawat kesehatan jiwa – psikiatri untuk membuat
penilaian klinis dan rencana tindakan yang tepat dengan klien.
· Standar II. Diagnosa
Perawat kesehatan jiwa – psikiatri menganalisa data pengkajian dalam menentukan diagnosa.
- Rasional
Landasan
untuk pemberian asuhan keperawatan kesehatan jiwa – psikiatri adalah
pengenalan dan pengidentifikasian pola respon terhadap masalah kesehatan
jiwa – penyakit psikiatri yang actual / potensial.
· Standar III. Identifikasi hasil
Perawat kesehatan jiwa – psikiatri mengidentifikasi hasil yang diharapkan dan bersifat individual untuk tiap klien.
- Rasional
Dalam
konteks pemberian asuhan keperawatan, tujuan yang paling utama adalah
mempengaruhi hasil kesehatan dan meningkatkan status kesehatan klien.
· Standar IV. Perencanaan
Perawat kesehatan jiwa – psikiatri mengembangkan rencana asuhan yang
menggambarkan intervensi untuk mencapai hasil yang diharapkan.
- Rasional
Rencana asuhan digunakan untuk memandu intervensi terapeutik secara
sistematis dan mencapai hasil klien yang diharpkan.
· Standar V : Implementasi
Perawat kesehatan jiwa – psikiatri mengimplementasikan intervensi yang teridentifiksi dalam rencana asuhan.
- Rasional
Dalam
mengimplementasikan rencana asuhan, perawat kesehatan jiwa-psikiatri
menggunakan intervensi yang luas yang dirancang untuk mencegah penyakit
fisik dan mental, meningkatkan, mempertahankan, dan memulihkan kesehatan
fisik dan mental. Perawat kesehatan jiwa-psikiatri memilih intervensi
sesuai dengan tingkat praktiknya. Pada tingkat dasar, perawat dapat
memilih konseling, terapi lingkungan, aktivitas asuhan mandiri,
intervensi psikobiologis, penyuluhan kesehatan, manajemen kasus,
peningkatan kesehatan dan pemeliharaan kesehatan dan berbagai pendekatan
lain untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mental klien. Selain pilihan
intervensi yang tersedia untuk perawat kesehatan jiwa-psikiatri tingkat
dasar, pada tingkat lanjut spesialis yang diakui (yang mempunyai
sertifikasi) boleh memberikan konsultasi, terlibat dalam psikoterapi,
dan menentukan agen farmakologis sesuai dengan peraturan negara bagian.
· Standar Va : Konseling
Perawat
kesehatan jiwa – psikiatri menggunakan intervensi konseling untuk
membantu klien meningkatkan atau memperoleh kembali kemampuan koping,
memelihara kesehatan mental, dan mencegah penyakit atau ketidakmampuan
mental.
· Standar Vb : Terapi lingkungan
Perawat kesehatan jiwa – psikiatri memberikan, membentuk, dan
mempertahankan suatu lingkungan yang terapeutik dalam kolaborasinya
dengan klien dan pemberi pelayanan kesehatan lain.
· Standar Vc : Aktivitas Asuhan Mandiri
Perawat kesehatan jiwa – psikiatri membentuk intervensi sekitar
aktivitas kehidupan sehari-hari klien untuk memelihara asuhan mandiri
dan kesejahteraan jiwa dan fisik.
· Standar Vd : Intervensi Psikobiologis
Perawat
kesehatan jiwa – psikiatri menggunakan pengetahuan intervensi
psikologis dan menerapkan keterampilan klinis untuk memulihkan kesehatan
klien dan mencegah ketidakmampuan lebih lanjut.
· Standar Ve : Penyuluhan kesehatan
Perawat
kesehatan jiwa – psikiatri , melalui penyuluhan kesehatan, membantu
klien dalam mencapai pola kehidupan yang memuaskan, produktif dan sehat.
· Standar Vf : Manajemen kasus
Perawat
kesehatan jiwa – psikiatri menyajikan manajemen kasus untuk
mengkoordinasi pelayanan kesehatan yang konprehensif serta memastikan
kesinambungan asuhan.
· Standar Vg : Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan
Perawat
kesehatan jiwa – psikiatri menerapkan strategi dan intervensi untuk
meningkatkan dan memelihara kesehatan jiwa dan mencegah penyakit jiwa.
Intervensi praktik tahap lanjut : untuk spesialis yang bersertifikasi dalam keperawatan jiwa-psikiatri.
· Standar Vh : Psikoterapi
Spesialis akan menggunakan psikoterapi individu, psikoterapi kelompok
dan psikoterapi keluarga, serta pengobatan terapeutik lain untuk
membantu klien memelihara kesehatan jiwa, mencegah penyakit jiwa dan
memelihara kesehatan jiwa, mencegah penyakit jiwa dan ketidakmampuan,
serta memperbaiki atau mencapai kembali status kesehatan dan kemampuan
fungsional klien.
· Standar Vi : Preskripsi agen farmakologis
Spesialis
akan menggunakan preskripsi agen farmakologis, sesuai dengan peraturan
praktik keperawatan negara bagian, untuk mengatasi gejala-gejala
gangguan jiwa dan meningkatkan status kesehatan fungsional.
· Standar Vj : Konsultasi
Spesialis
akan memberikan konsultasi kepada pemberi pelayanan kesehatan dan
lainnya untuk mempengaruhi rencana asuhan kepada klien, dan memperkuat
kemampuan yang lain untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa dan
psikiatri serta membawa perubahan dalam sistem pelayanan kesehatan jiwa
dan psikiatri.
· Standar VI : Evaluasi
Perawat kesehatan jiwa-psikiatri mengevaluasi perkembangan klien dalam mencapai hasil yang diharapkan.
- Rasional
Asuhan
keperawatan adalah proses dinamik yang melibatkan perubahan dalam
status kesehatan klien sepanjang waktu, pemicu kebutuhan terhadap data
baru, berbagai diagnosa, dan memodifikasi rencana asuhan. Oleh karena
itu, evaluasi merupakan suatu proses penilaian berkesinambungan tentang
pengaruh intervensi keperawatan dan regimen pengobatan terhadap status
kesehatan klien dan hasil kesehatan yang diharapkan.
2. Standar Kinerja Profesional
Ini
menguraikan tingkat kompetensi perilaku dalam suatu peran profesional,
termasuk aktivitas yang berhubungan dengan kualitas asuhan, penilaian
kinerja, pendidikan, hubungan dengan sejawat, etika, kolaborasi,
penelitian dan pendayagunaan sumber. Semua perawat kesehatan
jiwa-psikiatri diharapkan untuk terlibat dalam aktivitas peran
profesional yang sesuai dengan pendidikan, jabatan dan tatanan praktik.
Oleh karena itu, beberapa standar atau kriteria tindakan
mengidentifikasi aktivitas tersebut.
· Standar I. Kualitas Asuhan
Perawat kesehatan jiwa-psikiatri mengevaluasi secara sistematis
kualitas asuhan dan keberhasilan praktik keperawatan kesehatan
jiwa-psikiatri.
- Rasional
Sifat
dinamik dari lingkungan asuhan kesehatan jiwa dan pengetahuan
keperawaatan jiwa yang terus berkembang dan riset memberikan dorongan
dan makna bagi perawat kesehatan jiwa-psikiatri untuk menjadi kompeten
dalam praktik klinik, untuk terus mengembangkan dan untuk meningkatkan
kualitas asuhan klien secara profesional.
· Standar II. Penilaian Kinerja
Perawat kesehatan jiwa-psikiatri mengevaluasi praktik keperawatan
kesehatan jiwa-psikiatrinya sendiri dalam kaitannya dengan standar
praktik professional danrelevan terhadap statuta dan peraturan.
- Rasional
Perawat kesehatan jiwa-psikiatri bertanggung gugat terhadap masyarakat
untuk memberikan asuhan klinik yang kompeten dan bertanggung jawab
sebagai seorang professional untuk mengevaluasi peran dan kinerja
praktik keperawatan kesehatan jiwa-psikiatri sesuai standar yang telah
disusun oleh profesi dan badaan pengatur hokum.
· Standar III. Pendidikan
Perawat kesehatan jiwa-psikiatri mengikuti dan mempertahankan pengetahuan dalam praktik keperawatan.
- Rasional
Ekspansi
pengetahuan yang cepat mengenai ilmu dasar dan ilmu perilaku,
teknologi, system informasi, dan riset memelukan komitmen untuk belajar
sepanjang karir professional perawat kesehatan jiwa-psikiatri.
Pendidikan formal, pendidikan berkelanjutan, sertifikasi, dan belajar
dari pengalaman merupakan cara perawat kesehatan jiwa-psikiatri untuk
meningkatkan keahlian keperawatan dan pengembangan profesi.
· Standar IV. Hubungan dengan Sejawat
Perawat kesehatan jiwa-psikiatri menyumbang pada perkembangan professional rekan sejawat dan lainnya.
- Rasional
Perawat
kesehatan jiwa-psikiatri bertanggung jawab untuk berbagi pengetahuan,
penelitian, dan informasi klinis dengan rekan sejawatnya, melalui metode
pengajaran secara formal maupun informal, untuk meningkatkan
pertumbuhan professional.
· Standar V. Etika
Perawat kesehatan jiwa-psikiatri atas nama klien ditetapkan dengan sikap etis.
- Rasional
Kepercayaan
dan hak masyarakat terhadap pelayanan kesehatan jiwa-psikiatri yang
manusiawi ditegakkan oleh praktik keperawatan professional. Landasan
praktik kesehatan jiwa-psikiatri adalah pengembangan hubungan terapeutik
yang meningkatkan dan menunjang proses penyembuhan. Perlu ditetapkan
suatu batasan untuk melindungi kesejahteraan klien serta mencegah
terjadinya keintiman atau hubungan seksual.
· Standar VI. Kolaborasi
Perawat kesehatan jiwa-psikiatri berkolaborasi dengan klien, orang
terdekat, dan pemberi pelayanan kesehatan dalam memberikan asuhan.
- Rasional
Praktik
keperawatan kesehatan jiwa-psikiatri memerlukan koordinasi, interaksi
terus menerus antara konsumer dan pemberi pelayanan untuk untuk
memberikan pelayanan yang konprehensif kepada klien dan komunitas.
Melalui proses kolaborasi, kemampuan pemberi pelayanan kesehatan yang
berbeda digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah, berkomunikasi,
dan merencanakan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi pelayanan
kesehatan jiwa.
· Standar VII. Riset
Perawat kesehatan jiwa-psikiatri menyumbang pada keperawatan dan kesehatan jiwa melalui penggunaan riset.
- Rasional
Perawat
dalam keperawatan kesehatan jiwa-psikiatri bertanggung jawab untuk
pengembangan bidang kesehatan jiwa lebih lanjut melalui peran sertanya
dalam penelitian. Pada praktek tingkat dasar, perawat kesehatan
jiwa-psikiatri menggunakan temuan-temuan penelitian untuk meninkatkan
asuhan klinik dan mengidentifikasi masalah-masalah klinik untuk
diteliti. Pada tingkat lanjut, perawat kesehatan jiwa-psikiatri ikut
serta dan / atau berkolaborasi dengan yang lain dalam proses penelitian
untuk menemukan, memeriksa, dan menguji pengetahuan, teori dan
pendekatan kreatif terhadap praktik.
· Standar VIII. Pendayagunaan Sumber
Perawat kesehatan jiwa-psikiatri menimbang factor-faktor yang berhubungan dengan keamanan, keefektifan, dan biaya dalam perencanaan dan pemberian asuhan kepada klien.
- Rasional
Klien berhak untuk memperoleh pelayanan kesehatan jiwa-psikiatri yang
aman, efektif, dan murah. Dengan meningkatnya biaya pelayanan kesehatan,
keputusan pengobatan harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat
memaksimalkan sumber dan mempertahankan kualitas pelayanan. Perawat
kesehatan jiwa-psikiatri mengupayakan asuhan berkualitas dengan biaya
yang dapat dicapai dan menggunakan sumber yang paling sesuai serta
mendelegasikan asuhan kepada pemberi pelayanan kesehatan yang memenuhi
syarat.
REFERENSI :
1. American Nurses Association. Nursing: a social policy statement, Kansas City, Mo, 1980, The Association
2. American Nurses Association. Statement on Psychiatric – mental health clinical nursing practice, Wasington, DC, 1994,The Association.
3. Shives, L.R., (1998). Basic Concepts of Psychiatric Mental Health Nursing. 4th Edition., Philadelphia : Lippincott.
4. Stuart, G.W., & Laraia, M.T. (1998). Principles and Practice of Psychiatric Nursing. St.Louis : Mosby Year Book.
5. Stuart, G.W., & Sundeen, S.J. (1995). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 3, Jakarta : EGC
6. Townsend, M.C. (1995). Buku Saku : Diagnosa Keperawatan pada Keperawatan Psikiatri : Pedoman untuk pembuatan rencana perawatan. (ed. Indonesia). Jakarta : EGC.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar